Kaum Bumi Datar dan Sains

flat_vs_globe

Kaum bumi datar menyamakan kita (yg menerima fakta Bumi bulat) sebagaimana mereka memandang golongannya sendiri, yaitu Bumi bulat itu hanya teori omong kosong berbasis konspirasi yg dipercaya oleh sebagian manusia. Tentu saja itu tidak benar dan merupakan sesat pikir yg nyata. Begini…

Bumi bulat itu bukan golongan atau kaum, bukan kepercayaan atau keyakinan, bukan teori, apalagi konspirasi omong kosong. Bumi bulat adalah fakta alam yg telah jelas dan terang benderang. Fakta yg sudah dibuktikan oleh ribuan ilmuwan dari masa ke masa sejak ratusan tahun yg lalu hingga masa kini, telah dipaparkan mekanisme dan perhitungannya, digambarkan pemodelannya, melalui ribuan jurnal ilmiah yg diakui dunia sains. Ditambah lagi buku-buku ilmiah populer yg menjelaskan dan membuktikan dengan cara yg menarik, termasuk juga ribuan video dan animasi penjelasan ilmiah di Youtube dan internet. Belum lagi bukti-bukti berupa foto dan video dari satelit dan misi luar angkasa modern.

Sebagai fakta alam yg sudah terbukti ilmiah, bentuk Bumi bulat beserta ilmu-ilmu yg mendasarinya diajarkan di pendidikan dan sekolah di seluruh dunia, mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Orang yg pernah bersekolah pasti telah diajari ilmu-ilmu dasar tersebut, yg meliputi matematika, fisika, kimia, dan biologi. Ilmu-ilmu yg mendasari bentuk Bumi bulat itu tak hanya bisa membuktikan fakta Bumi bulat, tapi juga telah menciptakan berbagai teknologi modern yg kita nikmati sekarang. Di mana teknologi itu kemudian membuktikan lagi fakta Bumi bulat secara lebih jelas dan rinci.

Jadi sebenarnya kita tak perlu lagi repot-repot menjelaskan atau membuktikan kebenaran fakta bentuk Bumi bulat karena itu sudah ada dimana-mana. Tinggal kaum bumi datar mau pelajari dan mampu pahami atau tidak. Jika tidak mau atau tidak mampu, maka itu adalah masalah mereka sendiri, bukan masalah kita, apalagi masalah sains.

Di sisi lain, bumi datar baru sekadar hipotesis berdasarkan asumsi dan praduga tanpa dasar. Bahkan disebut sebagai teori (dalam konteks sains) pun belum layak. Ditambah lagi dengan bumbu-bumbu konspirasi elit global penuh omong kosong dari potongan-potongan video dan film yg asal comot dan dimaknai di luar konteksnya. Tidak ada fakta ilmiah berupa penelitian oleh ilmuwan yg terbit di jurnal ilmiah yg diakui, melainkan hanya riset-riset amatir (yg metode risetnya pun masih perlu dipertanyakan) oleh orang-orang yg tak jelas keilmuan dan keahliannya, lalu diikuti klaim kebenaran sepihak. Tidak ada penjelasan mekanisme yg komprehensif, tidak ada perhitungan matematis yg terukur, tidak ada pemodelan yg tepat dengan skala yg benar, dsb. Intinya, bumi datar bukanlah fakta ilmiah.

Maka, tanggung jawab pembuktian ilmiah ada di pihak mereka. Tapi alih-alih membuktikan secara ilmiah, mereka malah sibuk membantah atau menolak fakta-fakta Bumi bulat dengan pemahaman sains yg salah. Diperparah lagi dengan sebagian mereka memahami sains bukan dengan metode ilmiah tapi dengan penafsiran kitab suci, sehingga makin sulit mereka menerima sains dan fakta ilmiah. Pada dasarnya, sebagian besar (jika tak boleh dibilang seluruhnya) kaum bumi datar adalah orang-orang yg kurang atau tidak paham sains, sebagian malah anti-sains, tapi sok mengaku paling paham sains. Karena itu, pemaksaan gagasan bumi datar pada publik adalah tindakan pembodohan yg harus dilawan.

Sebagai orang yg tidak paham sains, seharusnya kaum bumi datar belajar dulu sains yg benar dari sumber-sumber ilmu yg benar pula. Belajarlah pada ahlinya, bukan pada sumber-sumber yg tidak jelas, supaya mendapatkan ilmu yg baik dan benar, bukan ilmu yg sesat dan menyesatkan. Silakan belajar dan jika telah betul-betul paham, mari kita berdiskusi lagi tentang fakta bentuk Bumi yg sebenarnya. Bisa?

Salam akal sehat! 😊

_____
– Gambar diambil dari sini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s