Sebab Kebebalan Kaum Bumi Datar

why_flat_earth

Fenomena kaum bumi datar yg bagi orang berakal sehat tampak begitu absurd, benar-benar mengherankan. Apa yg menyebabkan mereka itu jadi begitu bebal dan konyol?

Sikap mereka yg begitu ngotot percaya Bumi itu datar walaupun tanpa dukungan bukti ilmiah apa pun, terasa ganjil. Sikap penolakan mereka pada ilmu pengetahuan yg telah terbukti benar dan diakui dunia, terasa aneh. Pola pikir serba terbalik; yg benar disalahkan, yg salah dibenarkan; yg benar ditolak, yg salah diterima; mereka yg tertipu, tapi menuduh orang lain yg tertipu; mereka yg tidak paham sains, tapi menuduh ilmuwan tak paham sains; dan sebagainya, benar-benar tidak masuk akal sehat.

Dari berbagai sumber di internet serta pengamatan saya pribadi di beberapa grup debat Bumi datar, ada beberapa dugaan mengapa mereka berperilaku demikian, antara lain:

1. Mereka awalnya adalah orang-orang awam sains yg ingin memahami fenomena alam. Tapi alih-alih belajar ilmu yg benar, mereka tersesat pada faham bumi datar melalui video-video Youtube buatan si Bos Darling. Lalu mereka jadi korban cuci otak dan meyakini sepenuhnya bahwa isi video tersebut adalah benar belaka. Akal mereka seolah tak berfungsi sehingga sekadar untuk mengkritisi isi video itu saja, mereka tidak mampu. Karena keterbatasan ilmu dan akal, mereka lebih meyakini kebenaran faham bumi datar yg relatif sederhana dan mudah dimengerti orang awam, walaupun itu salah. Hasil pengamatan inderawi secara telanjang (tanpa alat bantu dan ilmu) juga seolah membenarkan penjelasan video Bumi datar. Sementara sains yg benar terlalu rumit bagi akal mereka sehingga dianggap tidak masuk akal dan salah, walaupun itu benar. Kita sebut ini sebagai kelompok bumi datar yg awam sains.

2. Mereka memiliki semacam kelainan mental atau gangguan jiwa yg membuat pola pikirnya penuh khayalan (delusi) dan imajinasi yg dianggap betul-betul nyata. Propaganda teori konspirasi elit global yg penuh omong kosong dan hoax itu, yg merupakan bagian tidak terpisahkan dari faham bumi datar, mereka terima sebagai sebuah kenyataan yg benar-benar terjadi. Mereka begitu meyakini keberadaan dan kekuasaan Elit Global (EG) sehingga semua orang yg tidak setuju dengan mereka dianggap sebagai musuh atau bagian dari elit global. Sebagai musuh maka seluruh informasi dari selain kaum bumi datar otomatis tidak bisa dipercaya dan selalu dianggap salah, terutama NASA sebagai salah satu yg dituding jadi dedengkot elit global. Pada kenyataannya, mereka tidak pernah betul-betul melawan elit global, kecuali ribut di internet dan media sosial ala keyboard warrior. Walaupun begitu, dengan menyebarkan faham Bumi datar, mereka merasa telah ikut “berjuang”. Kita sebut ini sebagai kelompok bumi datar yg sakit jiwa atau korban konspirasi.

3. Mereka meyakini bahwa sains yg benar itu harus bersumber dari atau sesuai dengan ajaran kitab suci dari agama yg mereka anut. Jika pemahaman yg diperoleh dari pemuka-pemuka agama (di aliran mereka) menyatakan bahwa Bumi itu bulat, maka mereka percaya Bumi bulat. Sebaliknya, jika pemuka agama mereka menyatakan Bumi itu datar, maka mereka pun percaya Bumi datar. Penjelasan ilmiah serta bukti dan fakta sains segamblang apa pun, tidak bisa mereka terima jika bertentangan dengan kebenaran agama (versi) mereka. Bagi mereka, kebenaran agama berada di atas kebenaran sains. Seabsurd apa pun pemahaman agama (versi) mereka, itulah yg diyakini sebagai “fakta” paling benar. Bahkan orang lain yg seagama namun tidak setuju dengan pemahaman agama (versi) mereka, bisa dianggap kafir. Inilah akibat dari membenturkan sains dan agama. Kita sebut ini sebagai kelompok bumi datar yg mabuk agama.

4. Mereka yg sekadar ingin tampil beda dengan orang kebanyakan. Fakta Bumi bulat telah diterima seluruh manusia yg hidup di muka Bumi ini. Bumi bulat itu sudah jadi arus utama (mainstream), sesuatu yg semua orang sudah tahu. Bagi mereka, mengikuti arus utama itu kurang cool, kurang rebel, dan kurang hipster. Umumnya kaum bumi datar jenis ini adalah remaja-remaja tanggung yg belajarnya belum selesai dan psikologisnya belum matang. Faham Bumi datar yg berbeda dari pelajaran sekolah dan penuh kontroversi serta teori konspirasi, cukup menarik bagi mereka. Mereka hanya ingin menunjukkan diri dengan tampil berbeda dari yg lain. Walaupun menjadi berbeda itu tidak selalu benar, mereka tidak peduli. Pokoknya bisa tampil beda itu keren! Mereka menikmati sensasi menjadi golongan yg anti arus utama. Mereka ini bisa jadi kurang mendapat perhatian dari keluarga dan lingkungannya serta mengalami krisis eksistensi diri. Kita sebut ini sebagai kelompok bumi datar yg anti arus utama (anti-mainstream) atau pencari sensasi.

5. Mereka yg sebenarnya mengerti bahwa faham bumi datar itu bohong, tetapi mereka memanfaatkan kaum bumi datar untuk mengeruk keuntungan (finansial). Mereka adalah oportunis jahat karena mencari keuntungan dari orang-orang yg tertipu faham bumi datar. Sebagian orang bahkan menduga beberapa oknum dedengkot kaum bumi datar termasuk kalangan oportunis jahat ini. Mereka mencari untung dengan berbagai cara; ada yg terang-terangan mengumpulkan iuran dari sebuah komunitas bumi datar (atas nama riset), ada yg berjualan perangkat elektronik (tesla coil misalnya), ada yg berjualan kaos dan aksesoris bumi datar, ada yg memasang iklan pada video atau blog bumi datar, dan lain sebagainya. Mereka berkepentingan agar kaum bumi datar tetap ada dan terus membesar, karena itulah sumber pemasukan mereka. Tentu saja dengan cara menyebarkan dan meyakinkan orang lain bahwa faham bumi datar itu benar sehingga makin banyak orang yg menjadi kaum bumi datar. Kasihan kaum bumi datar yg tertipu para oportunis jahat ini, jadi tertipu dua kali. Kita sebut ini sebagai kelompok bumi datar oportunis jahat atau penjual hoax.

Demikian hasil pengamatan saya tentang mengapa kaum bumi datar begitu bebal. Mungkin masih ada penyebab lainnya, namun dari pengamatan saya di media sosial, lima penyebab itu yg paling banyak terjadi.* Penyebab bebalnya kaum bumi datar itu tidak hitam putih, tapi lebih ke spektrum. Ada yg awam sains sekaligus mabuk agama; ada yg sakit jiwa sekaligus anti-arus utama; ada yg sudah awam sains, mabuk agama, sakit jiwa pula; dan lain sebagainya. Namun apa pun jenis penyebab kebebalan kaum bumi datar, perilaku mereka relatif sama, yaitu merasa lebih pintar dari ilmuwan dengan menolak kebenaran ilmiah yg sudah terbukti dan diakui.

Sikap bebal dan sok pintar tanpa ilmu itulah yg membuat kaum bumi datar sulit sekali disadarkan. Mereka seolah terperosok ke lubang jebakan yg dalam dan gelap tapi menolak ditolong kembali ke permukaan. Dalam dunia kriminal, fenomena serupa ini disebut stockholm syndrome, yaitu orang yg dijahati yg malah simpati dan jatuh hati pada penjahatnya. Kaum bumi datar adalah korban cuci otak, pembodohan, dan kebohongan para dedengkot faham bumi datar, tapi mereka tidak menyadarinya bahkan memujanya. Apalagi yg sudah lantang menyatakan diri sebagai kaum bumi datar, ada kendala ego dan gengsi untuk menarik pernyataannya sendiri. Butuh usaha dan kesabaran ekstra agar kita bisa membawa mereka kembali ke jalan ilmu yg benar.

“It’s easier to fool people than to convince them they have been fooled.” ~Anonymous

Namun bagaimana pun mereka tetap saudara kita, sebangsa setanah air, atau mungkin juga seagama. Kita yg paham sains dan ilmu yg benar tidak boleh patah semangat dan tetap terus berusaha menyadarkan mereka. Walaupun kadang kita terpancing emosi sebab kebebalan mereka, anggap saja itu resiko dari usaha kita membantu mereka. Kita lawan fahamnya tapi kita tetap sayangi dan hormati orangnya.

Dan seperti biasa… salam akal sehat! 😊

_____
* Jika ada penyebab lain, silakan sampaikan di kolom komentar. Terima kasih.

– Gambar diambil dari sini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s