Peraga Gravitasi

Salah satu argumen kaum bumi datar untuk menolak fakta Bumi bulat adalah gravitasi Bumi tidak bisa diperagakan (simulasi fisik atau nyata). Kaum bumi datar meminta peraga Bumi yg berotasi dengan kecepatan seperti rotasi Bumi, ada air yg tetap menempel ke permukaan seperti laut di Bumi, lengkap dengan Bulan yg mengorbit Bumi, serta Bumi dan Bulan yg mengorbit Matahari. Jika bisa, termasuk planet-planet lainnya. Dan semua itu harus bekerja dengan gaya gravitasi, artinya tidak ada kawat atau benang atau lem yg menahan setiap benda di posisinya masing-masing. Jika alat peraga seperti itu ada, maka mereka akan langsung percaya bahwa Bumi memang bulat.

Lagi-lagi, argumen seperti itu adalah sesat pikir (fallacy). Sekaligus juga menunjukkan kaum bumi datar sama sekali tidak paham gravitasi. Apakah peraga seperti itu bisa diwujudkan? Bisa, sangat bisa sekali. Tapi… syaratnya harus di tempat yg betul-betul tidak ada gaya gravitasi benda lain yg bisa mengganggu alat peraga tersebut. Bahkan keberadaan manusia sebagai pengamat harus dijauhkan dari peraga karena manusia pun –dan segala benda yg memiliki massa– juga memiliki gaya gravitasi. Lalu, di mana tempat yg gravitasinya betul-betul nol? Di angkasa luar yg jauh dari segala benda langit. Jauh dari satelit alami (bulan), jauh dari planet, jauh dari bintang, jauh dari galaksi, dan lain-lainnya. Adakah tempat yg seperti itu? Ada, tapi manusia tidak atau belum mampu mencapainya. 

Selama kita masih berada di permukaan planet –apalagi planet di sebuah tata surya– maka secara praktis membuat peraga seperti yg diinginkan kaum bumi datar itu tidak dimungkinkan. Bukan tidak mungkin, tapi tidak dimungkinkan karena prasyarat agar peraga bisa bekerja dengan baik tidak bisa dipenuhi. Ibaratnya begini… kaum bumi datar minta bukti kompas selalu menunjuk ke utara Bumi, tapi persis di sebelah timur kompas ada sebuah magnet yg sangat kuat. Ya sampai lebaran kuda kompas itu tidak akan bisa menunjuk ke utara Bumi, melainkan ke arah magnet di sebelahnya (timur). Apakah lalu itu membuktikan kompas tidak bisa menunjuk ke utara Bumi? Atau kompas adalah hoax? Hanya orang bodoh yg menyimpulkan demikian.

Para ilmuwan sejak dulu sudah paham kendala tersebut, makanya mereka tidak mau repot-repot membuat peraga gravitasi Bumi. Lagipula, telah ada “peraga” nyata berukuran raksasa yg sudah disediakan alam untuk dipelajari manusia, yaitu tata surya kita sendiri. Manusia cukup mengamati pergerakan benda-benda langit yg ada. Hasil pengamatan dicatat lalu dihitung dengan pemodelan matematis sehingga ditemukan fakta dan data ilmiah gravitasi. Karena gerakan benda langit relatif lambat, pengamatan bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Itulah yg dilakukan oleh Copernicus, Galileo, Newton, Halley, dan ilmuwan-ilmuwan lainnya. Hasil penelitian ilmuwan-ilmuwan tersebut yg kini kita pelajari dan terima sebagai ilmu pengetahuan alam (sains), khususnya ilmu astronomi dan fisika.

Lalu bagaimana kita bisa memahami gravitasi secara nyata dan visual?

Syukurlah Einstein sudah bisa menjelaskan bagaimana kerja gravitasi, yaitu ruang-waktu yg melengkung karena massa. Para pendidik hari ini bisa membuat peraga sederhana untuk menunjukkan cara kerja gravitasi, yaitu dengan menggunakan kain lentur yg dibentangkan (dimisalkan sebagai ruang-waktu) kemudian diletakkan bola-bola (dimisalkan sebagai massa atau benda langit) di atasnya. Walaupun tidak bisa bekerja secara sempurna, karena –sekali lagi– kita masih berada di permukaan Bumi, namun peraga tersebut sudah cukup memberikan pemahaman gravitasi pada para pelajar. Gambar di bawah ini menunjukkan bagaimana seorang guru/dosen menjelaskan gravitasi dengan peraga tersebut. Atau silakan simak videonya di sini.

gravity_simulation.png
Seorang guru/dosen sedang menjelaskan gravitasi dengan alat peraga.

Cara lain untuk menjelaskan gravitasi adalah dengan membuat simulasi komputer. Gravitasi sebagai sebuah fakta alam yg telah terbukti secara empiris, logis, dan matematis; sangat dimungkinkan membuat simulasi komputernya yg bekerja seperti di dunia nyata. Perhitungan matematis gravitasi sudah dijelaskan dengan sangat rinci oleh Newton dan juga Einstein. Dari perhitungan matematis tersebut bisa dibuat program simulasi gravitasi secara visual di komputer. Telah tersedia banyak program simulasi gravitasi di internet, sebagian malah tersedia secara daring. Saya tunjukkan beberapa saja, antara lain:

Dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan ada program simulasi gravitasi dengan kode terbuka (open source) seperti Gravity Simulator buatan Hermann Bjorgvin yg kodenya tersedia di GitHub. Jika anda seorang pemrogram, anda bisa memanfaatkan simulasi komputer kode terbuka tersebut untuk belajar atau mengajarkan gravitasi pada orang lain.

NSTMF_lab_gravity.png
Tangkapan layar program simulasi gravitasi dari Gravity Lab.

Jadi, jika kaum bumi datar mau memahami gravitasi menurut sains yg benar, pasti mereka paham bahwa peraga yg mereka inginkan itu tidak mungkin diwujudkan di atas permukaan Bumi. Namun bukan berarti tidak ada cara lain membuat peraga gravitasi, baik yg nyata atau simulasi, untuk memahami cara kerja gravitasi. Akan tetapi, kaum bumi datar tetap menolak peraga yg tidak sesuai dengan yg mereka inginkan karena tidak mau keyakinan mereka terhadap bumi datar jadi goyah. Jika mereka menerima gravitasi, maka hancurlah seluruh dongeng bumi datar. Itulah sebabnya kaum bumi datar menuntut bukti gravitasi yg (nyaris) tidak mungkin diwujudkan.

Salam akal sehat! 😊

_____
¹ PhET Interactive Simulations juga menyediakan banyak program simulasi sains lainnya, seperti matematika, fisika, biologi, kimia, geologi, dan lain-lain. Silakan dipelajari.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s