Membuktikan Bumi Bulat

Sebenarnya mudah sekali membuktikan Bumi itu bulat. Setidaknya ada 3 cara praktis yg bisa dilakukan setiap manusia untuk membuktikan bentuk Bumi. Namun kaum bumi datar selalu saja gagal membuktikan Bumi bulat sehingga mereka memilih untuk mempercayai bumi datar saja. Ironisnya, mereka pun juga gagal membuktikan bumi datar.

Bagaimana cara membuktikan Bumi itu bulat? Dan mengapa kaum bumi datar selalu gagal membuktikan Bumi itu bulat? Mari kita bahas…

Ada 3 cara praktis pembuktian Bumi bulat, yaitu:

1. Membuktikan dengan ilmu.

bumi bulat - nasa

Bumi bulat adalah fakta alam yg sudah terbukti secara ilmiah sejak ratusan tahun yg lalu oleh ribuan ilmuwan dari seluruh dunia. Setiap orang yg sekolah, apalagi hingga perguruan tinggi di jurusan ilmu alam (sains), pasti sudah diajarkan segala bukti, perhitungan, pemodelan, eksperimen, dan penjelasan sains. Jika perlu, setiap orang bisa mempelajari setiap jurnal ilmiah yg disusun oleh ilmuwan-ilmuwan besar di dunia. Termasuk sains Bumi bulat.

Mengapa kaum bumi datar gagal membuktikan bentuk Bumi dengan ilmu? Ya, kita semua tahu bahwa nyaris seluruh kaum bumi datar itu adalah orang-orang bodoh yg tidak paham sains. Ilmu alam dasar yg diajarkan di SMP-SMA saja, mereka tidak mampu paham. Apalagi sains yg lebih sulit di jenjang yg lebih tinggi, atau sains modern yg lebih rumit, tentu mereka juga tidak mampu paham. Nah, bagaimana mungkin ilmu bisa dijelaskan pada orang bodoh yg tidak mau belajar sains? Tidak mungkin.

Untuk menutupi ketidakmampuan mereka memahami sains, kaum bumi datar merekayasa “ilmu” atau “teori” versi mereka sendiri. Mereka menyusun teori-teori bumi datar yg lebih sederhana, yg lebih mudah dipahami oleh otak mereka yg terbatas. Tapi jangan tanya bukti ilmiahnya, atau atau metode penelitiannya, atau ilmuwan yg terlibat, apalagi jurnal ilmiah… pasti tidak ada. Makanya, Kepala LAPAN Indonesia menyebut “teori” bumi datar itu sebagai dongeng.

2. Membuktikan melalui teknologi.

iss - nasa

Setiap orang yg punya akses internet dengan kuota dan kecepatan yg memadai, bisa menonton siaran langsung 24 jam dari stasiun angkasa ISS yg menampilkan penampakan Bumi dari orbit, melalui layanan Youtube. Yg sedang dilihat oleh salah satu kamera di stasiun ISS, itu pula yg disiarkan langsung ke internet. Stasiun ISS mengorbit Bumi dari ketinggian yg cukup untuk melihat lengkung Bumi. Video yg ditampilkan kamera ISS secara langsung adalah bukti tidak terbantahkan bahwa Bumi itu bulat.

Mengapa kaum bumi datar gagal membuktikan bentuk Bumi lewat teknologi? Orang yg tidak paham sains tentu tidak akan bisa paham teknologi karena teknologi dibangun berdasarkan sains. Teknologi adalah bukti telak kebenaran sains. Kaum bumi datar tidak bisa membantah bukti kebodohan mereka di bidang teknologi. Namun kita semua juga tahu bahwa selain bodoh, kaum bumi datar juga orang-orang yg sombong. Nah, bagaimana mungkin orang bodoh yg sombong mau mengakui kebodohan mereka sendiri? Tidak mungkin.

Untuk menutupi kebodohan dan kesombongan mereka, tanpa malu-malu mereka membuat kabar bohong (hoax) untuk menolak sains dan teknologi. Mulai dari gravitasi itu tidak ada, satelit itu bohong, potret Bumi dari luar angkasa itu palsu, siaran langsung dan video dari ISS itu hanya rekayasa komputer, dan lain sebagainya. Tentu saja semua itu hanya tuduhan omong kosong tanpa bukti apa pun. Kaum bumi datar membuat hoax sendiri, dipercaya sendiri, dibenarkan sendiri, lalu menuduh orang lain yg melakukan. Sungguh mereka tidak punya moral.

3. Membuktikan secara langsung.

astronot - nasa

Setiap orang yg memiliki kemampuan fisik serta kecerdasan di atas rata-rata, bisa mendaftar menjadi astronot di berbagai badan antariksa internasional. Kesempatan selalu terbuka bagi siapa pun. Jelas ujian dan seleksi agar bisa diterima sebagai astronot itu jauh dari mudah. Namun jika sukses menjadi astronot, ada kesempatan untuk membuktikan bentuk Bumi dengan langsung menyaksikannya dari luar angkasa.

Jika memiliki uang yg amat sangat berlebihan, ada alternatif lain untuk ke luar angkasa tanpa harus susah-susah menjadi astronot, yaitu dengan mendaftar ke agen-agen wisata luar angkasa. Sejak awal tahun 2000-an telah muncul beberapa agen wisata luar angkasa dan akan semakin banyak dalam tahun-tahun ke depan. SpaceX, perusahaan antariksa swasta dari Amerika yg dipimpin oleh Elon Musk, juga telah berencana untuk menawarkan wisata luar angkasa dalam beberapa tahun ke depan. Dalam waktu yg lebih jauh lagi, wisata luar angkasa tidak hanya mengorbit Bumi, tapi juga bisa berwisata ke Bulan dan planet Mars. Tentu saja wisata luar angkasa ini sangat mahal.

Mengapa kaum bumi datar gagal membuktikan bentuk Bumi secara langsung? Kaum bumi datar itu orang yg bodoh dan tidak paham sains. Mungkinkah mereka diterima menjadi astronot? Mustahil. Kaum bumi datar itu orang yg sombong dan suka bikin hoax. Mungkinkah mereka sukses dalam hidup dan jadi super kaya raya sehingga mampu berwisata ke luar angkasa? Nyaris mustahil. Mungkin sebagian kaum bumi datar masih bisa kaya, tapi untuk sampai sekaya orang yg mampu berwisata ke luar angkasa? Hampir tidak mungkin. Jadi, cara ketiga ini pun, kaum bumi datar tidak mampu.

Untuk menutupi kekalahan dan ketidakmampuannya, kaum bumi datar menciptakan konspirasi omong kosong tentang keberadaan Elit Global. Elit global dikatakan sebagai sekelompok orang jahat yg tergabung dalam organisasi super rahasia yg menguasai dunia di segala bidang (adikuasa). Konon mereka adalah kelompok yg bernama Illuminati dan Freemason. Kaum bumi datar bercita-cita menjatuhkan mereka agar manusia bisa lepas dari cengkraman kejahatannya dan menikmati kesejahteraan. Tapi benarkah elit global ada? Tentu saja tidak. Elit global hanya kambing hitam khayalan atas kekalahan kaum bumi datar dalam kehidupan.

Solusi Untuk Kaum Bumi Datar

Nah, jika ketiga cara di atas tidak mampu dilakukan kaum bumi datar, apakah mereka akan selamanya dalam kebodohan dan kesombongan? Tentu tidak. Solusinya ada di pundak kaum bumi datar sendiri. Tahap pertama adalah mulai sadar dan mengakui bahwa bumi datar itu salah dan bohong. Bukti kesalahan dan kebohongan bumi datar begitu banyak tersedia di internet jika mereka mau membuka pikiran dan memperluas wawasan. Jangan terus bersembunyi dalam tempurung bumi datar, keluarlah!

Kaum bumi datar itu bodoh bukan karena kecerdasannya rendah, melainkan karena menolak untuk belajar ilmu yg benar. Tahap kedua adalah mulai belajar ilmu yg benar dari sumber-sumber ilmu yg benar dan bisa dipertanggung-jawabkan. Jika ingin bertanya, biasakanlah bertanya pada orang-orang yg jelas keilmuan dan keahliannya. Hentikan kebiasaan bertanya ilmu ke orang-orang yg tidak jelas di internet. Bukannya makin pintar malah ditipu orang dengan ilmu yg salah kemudian jadi tambah bodoh.

Jika kaum bumi datar bisa melakukan dua tahapan di atas, percayalah… bukti-bukti Bumi bulat akan tampak jelas terang benderang di depan mata. Sains pun akan tampak mudah, masuk akal, dan mengagumkan, bahkan menyenangkan. Apabila yg bersangkutan beragama, yakinlah… sains tidak akan membuat kita jauh dari Tuhan. Justru sebaliknya, sains akan meningkatkan iman dan rasa syukur serta takjub kita pada Sang Pencipta alam semesta.

Salam akal sehat! 😊

_____
* Semua gambar bersumber dari NASA.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s